Pages

Monday, May 24, 2010

Contoh Makalah Kesehatan

Makalah Kesehatan,
Makalah merupakan salah satu karya ilmiah yang disusun dengan suatu tema tertentu. Sedangkan Kesehatan adalah keadaan sejahtera badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Sehingga makalah kesehatan dapat di definisikan sebagai karya ilmiah yang berkenaan dengan keadaan sejahtera badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Dalam bahasa awam dapat diartikan sebagai makalah yang bertemakan tentang kesehatan.

Tidak harus pergi ke perpustakaan atau pusat penelitian untuk memperoleh makalah kesehatan. Teknologi yang modern memudahkan kita untuk mengaksesnya. Beberapa situs kesehatan juga menyediakan makalah yang dapat didownload dengan mudah. Namun ada juga situs kesehatan yang hanya menampilkan judul dan ringkasan makalah saja, kemudian mengharuskan kita untuk menghubungi pengelola situs untuk mendapatkan makalah yang kita inginkan.

Susunan makalah kesehatan tidak jauh berbeda dengan makalah pada umumnya. Antara lain meliputi pendahuluan, tinjauan pustaka, pembahasan, penutup serta daftar pustaka. Pendahuluan berisi tentang latar belakang penulisan, masalah yang akan dibahas dan tujuan dari penyusunan makalah. Tinjauan pustaka berasal dari studi literatur yang berisi tentang teori yang akan digunakan sebagai landasan berfikir dalam melakukan analisis masalah. Pembahasan yaitu analisis masalah yang ada pada bagian pendahuluan didasarkan pada teori yang telah ditulis pada tinjauan pustaka. Penutup terdiri dari kesimpulan dan saran. Sedangkan daftar pustaka berisi tentang literatur yang kita gunakan dalam penyusunan makalah.

Beberapa masalah yang banyak diangkat dalam makalah kesehatan antara lain mengenai kondisi gizi masyarakat, yaitu masih tingginya balita yang kurang gizi, bagaimana diet yang sehat, ada juga yang mengangkat masalah pelayanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit atau puskesmas.

Dalam penulisannya, makalah kesehatan dapat bersumber dari studi literatur dari berbagai jurnal dan penelitian yang sudah ada maupun dari data penelitian yang dilakukan oleh penulis sendiri. Penulis tidak hanya dituntut untuk menguasai materi tetapi juga harus bisa mengarahkan pembaca untuk menangkap inti dari makalah yang disusun.

Seseorang yang ahli dibidang gizi masyarakat belum tentu ahli dalam menulis makalah kesehatan yang bertemakan penyakit menular. Jika ada kesulitan dalam menulis makalah tersebut, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan orang yang lebih ahli atau membaca contoh makalah yang telah ada. Disamping semakin memperkaya materi, kita dapat memperoleh gambaran bagaimana penyusunan makalah yang baik. Namun, kita tidak diperbolehkan untuk menjiplak hasil karya orang lain. Jika kita mempergunakan kata-kata atau ide orang lain, maka nama orang tersebut harus dicantumkan di bagian daftar pustaka.

Menulis makalah kesehatan memang tidak mudah, lalu bagaimana jika dosen menugaskan kita untuk menulis makalah seperti ini? Pertama, cari waktu yang tepat untuk menulis dan membuat makalah agar ide dapat mengalir dengan mudah. Tetapkan tema yang akan dibahas. Perbanyak membaca literatur dan pahami materi yang akan disampaikan. Buat poin-poin penting dan catatan kecil di kertas atau bisa juga langsung mengetiknya di komputer. Setelah itu, atur poin tersebut menjadi susunan kerangka makalah. Kembangkan ide dari poin-poin yang telah ada sesuai dengan materi. Tinjau kembali kalimat dan kata yang digunakan agar tidak menimbulkan pemahaman yang ambigu. Dan, makalah pun siap untuk dikumpulkan dan dipresentasikan di hadapan dosen.

No comments:

Post a Comment